Virtual Assistant Adalah: Definisi dan Peranannya

Virtual Assistant Adalah: Definisi dan Peranannya

Pengertian virtual assistant adalah teknologi perangkat lunak yang sangat membantu dalam berbagai aktivitas. Telusuri definisi dan peranannya di artikel ini.

Sudah menjadi rahasia umum jika teknologi menjadi salah satu bidang dengan tingkat perkembangan yang cukup signifikan di era globalisasi seperti saat ini. Dari sekian banyaknya inovasi yang tumbuh dan berkembang dalam ranah teknologi yang ada, Virtual Assistant adalah salah satu jenis perkembangan di bidang teknologi yang memiliki kemajuan cukup pesat dewasa ini.

Karena kehadirannya yang sangat membantu dalam berbagai aspek, tak heran jika Virtual Assistant menjadi salah satu bentuk teknologi masa kini yang dinilai cukup efektif dan efisien. Untuk memberikan pemahaman yang mendalam akan teknologi Virtual Assistant tersebut, tak ada salahnya jika Anda mengikuti pembahasan artikel berikut ini.

Definisi dari Virtual Assistant dalam Teknologi

Bagi sebagian besar individu yang melek akan teknologi, mungkin istilah Asisten virtual bukanlah sesuatu yang asing, namun sebaliknya bagi orang yang awam akan teknologi terkini. Dilihat dari definisinya, Asisten virtual merupakan sebuah teknologi berupa program atau perangkat lunak (software) yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu dalam berbagai hal.

Dalam pengaplikasiannya, teknologi Asisten virtual dapat Anda lakukan melalui beberapa perintah baik itu perintah suara maupun perintah teks sesuai dengan keinginan Anda. Teknologi ini juga dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai perangkat elektronik yang erat dengan keseharian Anda mulai dari ponsel pintar hingga komputer atau PC.

Keberadaan teknologi Asisten Virtual hingga detik ini dinilai membawa pengaruh yang cukup besar bagi sebagian besar orang. Penggunaan teknologi Asisten Virtual dianggap mampu melakukan berbagai macam tugas dengan mudah seperti memesan tiket perjalanan, mencari berbagai informasi dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, teknologi ini membuat Anda fokus kepada pekerjaan lain yang dinilai lebih penting.

virtual-assistant-adalah

Peranan Teknologi Virtual Assistant dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, Asisten virtual adalah salah satu jenis teknologi yang sangat membantu dengan berbagai perannya. Hal ini dapat Anda lihat dalam pembahasan di bawah ini mengenai beberapa peranan teknologi tersebut terutama dalam berbagai aktivitas yang Anda jalani dalam kehidupan sehari-hari.

  • Memberi akses informasi tanpa batas

Informasi adalah jendela dunia yang membuat Anda mengetahui berbagai peristiwa dan kejadian yang terjadi secara real time. Memberikan penggunanya akses tanpa batas akan berbagai informasi dan berita terkini mulai dari perkiraan cuaca hingga berita ter-update menjadi salah satu peran utama dari teknologi Asisten Virtual.

  • Pengingat dan pengatur jadwal

Bagi Anda yang memiliki jadwal harian yang sangat padat, tidak pandai dalam mengatur jadwal dan sering kali lupa akan jadwal yang harus dihadiri, Asisten virtual dapat membantu mengatasi hal tersebut. Peran selanjutnya dari teknologi berikut ini adalah sebagai reminder atau pengingat dan pengatur jadwal yang Anda miliki dengan mengaksesnya melalui perintah suara maupun teks sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Sumber hiburan yang efektif dan efisien

Jika Anda membutuhkan berbagai macam hiburan untuk mengisi waktu luang dan santai yang Anda miliki, Asisten Virtual bisa Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Cukup dengan menggunakan perintah suara Anda bisa memutar lagu, menyetel video hingga melakukan berbagai macam perintah lain dengan efektif dan efisien tanpa perlu menghabiskan tenaga.

Penutup

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan jika Virtual Assistant adalah salah satu bentuk teknologi yang praktis dan memberikan kemudahan untuk Anda dan para penggunanya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan teknologi tersebut sama sekali, setelah membaca pembahasan tersebut apakah Anda tertarik untuk menggunakan Virtual Assistant dalam kehidupan sehari-hari?