Pengertian Topologi Ring dan Fungsi Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Ring dan Fungsi Dalam Jaringan Komputer

Ketahui pengertian topologi ring dalam jaringan komputer dan peranannya. Pelajari fungsi topologi cincin membangun jaringan komputer yang optimal di sini!

Dalam menciptakan sebuah networks komputer, tentu ada berbagai macam aspek yang perlu Anda perhatikan agar jaringan komputer yang Anda bangun dapat berjalan dengan optimal. Topologi ring atau topologi cincin merupakan salah satu di antaranya. Namun, apakah Anda mengerti apa pengertian topologi ring itu sendiri?

Untuk menciptakan networks komputer yang dapat beroperasi dengan baik, selain memahami pengertiannya, Anda juga harus memahami fungsi-fungsi dari topologi ring. Dalam artikel berikut ini, akan dijelaskan secara gamblang pengertian dari jaringan ring atau topologi cincin beserta fungsi-fungsinya dalam sebuah networks komputer.

Pengertian Topologi Ring

Sebelum melangkah lebih jauh, sebenarnya apa itu jaringan ring? Dalam sebuah networks komputer, jaringan ring atau topologi cincin merupakan sebuah metode atau desain penyusunan dalam networks komputer dimana beberapa perangkat komputer terkoneksi satu dengan lainnya yang sesuai namanya menyerupai bentuk lingkaran atau cincin.

Pada umumnya, setiap perangkat komputer terhubung dengan dua jenis perangkat komputer yang lainnya. Di dalam topologi cincin atau jaringan ring ini, jalur data yang ada mengalir dari satu perangkat ke perangkat yang berikutnya secara searah membentuk lingkaran atau cincin antar perangkat komputer yang terkoneksi.

Topologi yang satu ini kerap digunakan karena memiliki proses instalasi yang cukup mudah. Selain itu, topologi yang satu ini juga cocok untuk sistem jaringan yang kecil dan membutuhkan performa yang stabil. Di lain sisi, jaringan cincin juga memiliki biaya pemasangan yang cukup terjangkau dan murah namun, menawarkan sistem keamanan yang maksimal.

pengertian-topologi-ring

Beberapa Fungsi Dari Topologi Ring Dalam Jaringan Komputer

Setelah memahami pengertian jaringan ring atau jaringan cincin, kurang lengkap rasanya jika Anda belum mengetahui apa saja fungsi-fungsi dari topologi tersebut. Berikut di bawah ini terdapat beberapa fungsi-fungsi utama yang dimiliki oleh jaringan ring atau topologi cincin, terutama dalam sebuah networks komputer yang perlu Anda ketahui.

  • Menghubungkan dan menyambungkan perangkat

Salah satu fungsi utama dari jaringan ring atau topologi cincin adalah menghubungkan dan menyambungkan berbagai perangkat dalam networks komputer. Adapun beberapa perangkat yang menggunakan jaringan ring atau topologi cincin di antaranya adalah Server, Router, Printer hingga Komputer atau PC.

  • Melakukan penerimaan dan pengiriman data

Selain itu, jaringan ring atau topologi cincin juga berfungsi dalam melakukan penerimaan dan pengiriman data antar perangkat. Dengan pola atau desain yang melingkar seperti cincin, pendistribusian paket data dapat dilakukan dengan mudah dan memungkinkan setiap perangkat untuk menerima dan mengirimkan data yang diinginkan.

  • Peningkatan keamanan

Penggunaan topologi ring dalam networks komputer sedikit banyak juga memberikan pengaruh pada tingkat keamanan dalam jaringan komputer itu sendiri. Dengan pola data yang mengalir secara searah, hal ini mampu mencegah adanya pihak luar untuk mengakses segala macam data dalam jaringkan komputer tersebut.

  • Monitoring segala aktivitas dalam jaringan komputer

Terakhir, topologi ring juga dapat melakukan pemantauan dan monitoring akan segala aktivitas yang dilakukan dan terjadi dalam jaringan komputer. Hal ini membuat kinerja komputer menjadi lebih baik dan juga optimal.

Penutup

Melalui pembahasan tersebut di atas, diharapkan Anda dapat dengan mudah dalam memahami pengertian topologi ring dan fungsi-fungsinya terutama dalam sebuah jaringan komputer. Dengan demikian, apabila Anda hendak membuat jaringan komputer sendiri dengan menggunakan topologi ring, Anda bisa mengaplikasikan langsung topologi terebut pada jaringan komputer yang Anda rancang.