Begini Cara Cek Aplikasi di Google Play Store Asli atau Palsu

Begini Cara Cek Aplikasi di Google Play Store Asli atau Palsu

Bagaimana cara cek aplikasi di google play store asli atau palsu, ternyata begini panduan untuk melakukannya! Simak penjelasannya dalam sini!

Mengunduh aplikasi yang berbahaya tak hanya bisa membuat data HP hilang, tapi juga rawan terkena phising maupun penipuan. Agar tak mengalami masalah tersebut, ikuti cara cek aplikasi di Google Play Store asli atau palsu.

Cara Cek Aplikasi di Google Play Store Asli atau Palsu

Sebenarnya app yang palsu bisa dilihat langsung tanpa harus memakai Google Play. Misalnya dalam pemakaian nama aplikasi, biasanya namanya terlihat aneh karena mencoba dibuat semirip mungkin tapi terdapat typo atau simbol yang berbeda.

Selain nama, konten yang ada di app palsu juga tampak berbeda, biasanya memiliki iklan atau tiba-tiba muncul tautan yang mencurigakan. Bahkan banyak aplikasi palsu yang meminta data pribadi pengguna, meskipun data tersebut sebenarnya tak dibutuhkan saat memakai aplikasi tersebut.

Ciri lainnya adalah pemakaian data yang tidak jelas, misalnya pengguna memasukkan data pribadi palsu, namun masih diterima dan bisa login. Padahal sistem aplikasi yang asli akan mendeteki kesalahan data, sehingga pengguna harus memastikan data yang benar dan sama seperti sistem.

Bahaya Aplikasi Palsu

Ketika melakukan cara cek aplikasi di Google Play Store asli atau palsu, dan ternyata memang palsu, kemungkinan data yang sudah dimasukkan tidak aman. Data-data ini nantinya akan disalah gunakan untuk berbagai keperluan oleh mereka yang tak bertanggung jawab.

Sebagai pemilik data, ini tentu merugikan diri, karena bisa saja data tersebut digunakan untuk membobol rekening ataupun mengakses sistem tersebut. Apabila aplikasi yang digunakan memang palsu, segera uninstall dan ganti semua kata sandi akun-akun yang dimiliki.

Cara Cek Aplikasi di Store

Mengecek aplikasi palsu atau tidak lewat Store, sebenarnya sangat gampang, cara-cara yang direkomendasikan antara lain:

  1. Siapa Developernya

Agar yakin bahwa aplikasi yang dipakai memang aman, lihat siapa developer atau pembuat app tersebut. Store akan menyediakan informasi developer, sehingga pengguna bisa melihat sendiri seperti apa aplikasi dan track record dari developer tersebut.

  1. Lihat Review

Melihat aplikasi palsu atau tidak juga bisa dilakukan dengan melihat review pengguna dari app tersebut. Seringkali pengguna yang sudah tertipu akan menuliskan pengalamannya di review aplikasi. Baca terlebih dulu review aplikasi guna memastikan app yang dipasang memang asli.

  1. Izin App

Cara cek aplikasi di Google Play Store asli atau palsu yang terakhir adalah melihat izin dari aplikasi tersebut. Umumnya aplikasi hanya meminta akses GPS atau lokasi, pengambilan foto, dan izin untuk menggunakan penyimpanan ponsel.

  1. Screenshot App

Seringkali app palsu hanya bisa menggunakan screenshot dengan resolusi rendah untuk membuat pengguna tertarik. Mereka tak bisa menggunakan screenshot app asli, karena terhalang oleh hak cipta. Apabila menggunakan screenshot aplikasi asli, maka sudah dimodif dulu.

  1. Menghindari App Palsu

Agar tidak mendapatkan aplikasi palsu, pengguna dianjurkan untuk mengunduh aplikasi hanya di Store saja. Sebab Android sudah menggunakan sistem khusus, dimana aplikasi yang diakses di luar Store tak bisa dipasang di HP kecuali harus mengubah setting.

Apabila ingin unduh aplikasi yang tidak ada di Store, pastikan mengunduh di web resmi developer, sehingga terjamin keaslian aplikasinya. Menggunakan app yang palsu atau mod akan membuat HP rentan terkena virus atau malware.

Kesimpulan

Begitulah cara cek aplikasi di Google Play Store asli atau palsu, walau singkat semoga informasi ini dapat menambah info dan pengetahuan pembaca. Harapannya tak ada lagi yang terjebak dengan pemakaian app palsu.