Apa Itu Seleksi Alam? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa-Itu-Seleksi-Alam

Pertanyaan soal apa itu seleksi alam memang sering ditanyakan dalam pelajaran biologi. Untuk mengetahui jawabannya, maka simak penjelasan berikut!

Materi seleksi alam menjadi salah satu yang sering muncul dalam ujian. Oleh sebab itu, pertanyaan terkait apa itu seleksi alam juga wajib dipelajari. Dengan demikian, proses menjawab ujian akan lebih mudah.

Selain definisinya, seleksi alam juga berkaitan dengan berbagai aspek di dalamnya. Hal ini penting untuk dipahami sebagai informasi tambahan yang krusial. Jadi secara keseluruhan materi seleksi alam ini akan pas untuk dipelajari.

Apa Itu Seleksi Alam?

Definisi tentang apa itu seleksi alam akan dibahas pada bagian ini secara mendalam. Jadi sebenarnya, seleksi alam adalah teori yang dikemukakan oleh tokoh bernama Charles Darwin. Teori ini diutarakan pada 1859 melalui sebuah buku.

Seleksi alam menurut Darwin adalah rincian proses yang berjalan dengan dampak langsung pada penambahan atau pengurangan populasi makhluk. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini sendiri tidak instan dan tergolong panjang.

Selama proses seleksi alam tersebut terjadi, maka ada banyak hal yang terjadi. Mulai dari penurunan sel yang diwariskan secara identik, atau bahkan adanya proses adaptasi yang maksimal dari makhluk hidup atau organismenya.

Proses seleksi alam ini berkaitan erat dengan evolusi. Bahkan disebutkan bahwa mekanisme dari suatu evolusi adalah dengan seleksi alam. Jadi pada dasarnya, evolusi alam berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Tahapan Seleksi Alam

Selain penjelasan dari apa itu seleksi alam, akan dijelaskan pula mengenai tahapan dari seleksi alamnya. Jadi sebenarnya seleksi alam dibagi menjadi beberapa tahapan yang saling berkaitan. Inilah rincian tahapannya:

1. Mutasi Acak

Seleksi alam pada manusia dimulai dengan proses mutasi acak. Karena tahapan ini dimulai paling awal, maka kemudian prosesnya akan diikuti dengan tahapan lain yang bahkan tidak akan terwujud tanpa adanya mutasi acak ini.

Melalui proses mutasi acak, maka akan muncul sel baru dari suatu gen yang kemudian bisa berkembang dan menyesuaikan lingkungannya. Lalu proses ini akan berkaitan dengan tahapan seleksi alam yang selanjutnya.

2. Organisme Beradaptasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat berbicara mengenai apa itu seleksi alam maka tidak akan terlepas dari proses adaptasi. Hal ini juga berlaku pada tahapannya yang kemudian bisa disebut sebagai proses organisme beradaptasi.

Pada proses ini, sel yang sudah tercipta bisa jadi memiliki manfaat untuk kelangsungan hidup. Alhasil, sel pada organisme akan berusaha beradaptasi serta mempertahankan hidup untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

3. Organisme Bereproduksi

Proses lain yang tidak kalah penting adalah proses reproduksi serta berkembang-biak. Organisme yang sudah mempertahankan hidup akan berusaha bereproduksi untuk melanjutkan garis keturunannya.

Selama proses reproduksi ini, maka akan ada sel yang diturunkan ke generasi selanjutnya. Umumnya, sel yang diwariskan adalah sel baik yang bisa memberikan dampak signifikan untuk kelangsungan hidup organismenya.

4. Populasi Meningkat

Apabila semua tahapan tersebut selesai, maka akhir yang sangat mungkin terjadi adalah adanya peningkatan populasi. Proses reproduksi yang baik akan terus berlanjut dan sel baik akan diteruskan ke beberapa generasi.

Kemudian akan ada penambahan organisme dari masa ke masa. Hal ini akan sangat menguntungkan asal sel yang diturunkan adalah sel baik. Jadi penambahan frekuensi adalah dampak akhir dari seleksi alam.

Kesimpulan

Soal tentang apa itu seleksi alam beserta dengan tahapannya sudah dijelaskan secara menyeluruh. Melalui pembahasan tersebut, maka sudah diketahui bahwa seleksi alam sangat penting dan prosesnya tergolong sangat kompleks.

admin
nanayputri7718@gmail.com
Akademi Komunitas Negeri Jepara adalah institusi pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dan inovatif. Berdiri dengan komitmen untuk menjembatani dunia akademik dan industri, akademi ini menawarkan program-program yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian yang relevan dalam dunia kerja.